Memulai Bisnis Dropship Via Market Place

Sebenarnya bisnis dropshipper sudah dikenal lama dalam dunia bisnis online. Ini adalah jenis bisnis yang berjalan dengan cara membeli barang di supplier kemudian supplier akan mengirimkan barang pesanan pada alamat yang dituju sesuai pesanan, dengan keterangan toko sesuai toko dropship yang meminta.

(baca: Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan)

Hal itu berarti jika Kita menjalani bisnis ini Kita sama sekali tak memerlukan modal dana sedikit pun. Karena yang Kita butuhkan hanyalah smartphone yang bisa mengakses internet untuk menjalankan bisnis ini. Kita hanya perlu mencari konsumen yang akan membeli produk yang Kita iklankan kemudian supplierlah yang akan melakukan pengiriman barang. Lalu bagaimana dengan bisnis dropship yang dijalankan via market place?

Ketahui Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis Dropshipper Via Market Place

Saat ini bisnis dropshipper via market place tengah banyak diminati pebisnis online. Karena selain lebih mudah, untung yang didapat juga lebih banyak. Hanya saja Anda harus tahu bagaimana cara memulai bisnis di market place yang saat ini banyak tersedia di luar sana. Karena setiap market place memiliki aturan tersendiri untuk bisnis khusus dropship yang ingin dilakukan.

  • Modal

Untuk memulai bisnis dropship di market place hal pertama yang harus Anda siapkan adalah modal. Mengapa? Karena Anda akan melakukan pembelian produk yang dipesan oleh konsumen terlebih dahulu baru kemudian dana masuk ke market place tempat Anda memiliki bisnis dropship.

  • Pilih market place

Setelah Anda memiliki modal, kemudian pilih market place tempat Anda akan melakukan bisnis tersebut. Sebaiknya fokus pada satu saja market place ketika memulai bisnis ini. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih maksimal dalam mengelola bisnis dengan baik hingga berkembang pesat. Pilih market place yang terpercaya dan sudah memiliki pelanggan cukup banyak.

  • Tentukan produk

Pilih jenis produk yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Sebaiknya produk tersebut bisa dengan mudah dikemas dan dikirim melalui ekspedisi tanpa resiko tinggi. Pilih produk yang memiliki surat ijin edar dan layak jual. Dan satu lagi produk tersebut haruslah memiliki sifat kebutuhan rutin sehingga bisnis Anda lancar karena permintaan yang datang secara terus menerus.

  • Tekun

Dalam menjalani bisnis ini juga memerlukan ketekunan dan tekad yang kuat. Dimana karena sesuatu yang Anda lakukan adalah hal rutin yang bahkan bisa dilakukan dari mana saja Anda berada. Namun banyak kasus dimana pelaku bisnis ini merasa bosan karena melakukan sesuatu yang monoton. Untuk itulah perlu adanya tekad dan kemauan tinggi untuk bisa sukses dalam bisnis ini.

  • Pilih supplier

Dan yang terakhir adalah pilih supplier produk yang ingin Anda jual. Ada banyak supplier yang tersedia namun hanya ada beberapa saja yang siap memulai kerja sama bersama Anda. Lakukan penawaran untuk kerja sama agar supaya mereka mau melakukan dropship untuk Anda.

Proses Bisnis Dropshipper Yang Perlu Anda Ketahui

Setelah kerja sama untuk bisnis dropshipper dalam market place disepakati. Selanjutnya adalah ketahui bagaimana proses bisnis dropship tersebut dilakukan. Beberapa orang mengira ini adalah proses yang mudah untuk dilakukan. Namun salah langkah sedikit saja bisa berpengaruh pada kualitas layanan bisnis yang Anda lakukan. Yang pertama adalah ambil data produk dari supplier yang sudah bekerja sama dengan Anda. Data berupa foto produk dan keterangan produk lengkap bisa Anda ambil secara manual. Namun untuk bisnis dropship yang sudah berkembang biasanya menggunakan software atau aplikasi khusus untuk hal tersebut. Ubah data produk agar supaya tak sama dengan yang dimiliki supplier.

Kemudian proses selanjutnya adalah upload data produk di toko online milik Anda. Pastikan Anda sudah mengubah data produk sebelum menguploadnya. Upload kemudian iklankan sesuai dengan layanan iklan yang tersedia dalam layanan market place tersebut. Beberapa ahli menyarankan waktu tertentu yang efektif untuk melakukan upload data produk. Namun di market place proses pencarian konsumen akan dilakukan oleh market place sehingga Kita hanya tinggal melayani pembeli yang datang.

Terakhir adalah mulai menjual. Salah satu kunci untuk sukses dalam bisnis dropship adalah faktor fast respons dalam melayani setiap pertanyaan atau permintaan konsumen. Biasanya konsumen akan menanyakan terlebih dahulu pada penjual apakah produk ready atau tidak. Apakah tersedia dalam jumlah yang ingin mereka pesan atau tidak. Bahkan salah satu market place menyediakan layanan tawar menawar untuk melayani pembeli dengan maksimal. Pelayanan maksimal diantaranya dengan fast respons akan membuat pembeli tak akan lari ke penjual lainnya karena permintaan mereka bisa segera diproses sesuai keinginan. Itulah beberapa proses dalam bisnis dropshipper yang harus Anda ketahui sebelum memulainya.